Gandeng FKIK UIN Malang, Kemenag Kota Batu Lakukan Manasik Calon Jamaah Haji

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Di tengah rencana pemberangkatan haji yang masih belum pasti, tak menyurutkan langkah Kementerian Agama Kota Batu untuk terus melakukan pembinaan terhadap calon jamaah haji. Terbaru, pada Sabtu (6/2/2021) di Masjid Sultan Agung, Kota Batu, diselenggarakan manasik haji integratif dengan melibatkan entitas Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Manasik haji kali ini tidak hanya membekali aspek ibadah, namun juga menyiapkan kondisi kesehatan calon jamaah haji.

“Istitaah haji bukan hanya mampu secara harta, namun juga mampu secara fisik untuk melakukan rangkaian ibadah haji. Beruntung FKIK UIN Malang kini hadir ditengah-tengah kita untuk saling berbagi ilmu dalam membina calon jamaah haji” demikian kutipan sambutan yang diberikan Kasi PHU Kemenag Kota Batu. Manasik ini sendiri sifatnya bukan insidental melainkan rutin dilakukan sebulan sekali oleh Kemenag Kota Batu yang dikemas dalam program Manasik Haji Sepanjang Tahun.

“Kami menyambut baik ajakan ini semata-mata karena ingin membantu dalam menyiapkan calon jamaah haji yang sehat dan mandiri. Semoga ilmu dan pengalaman kami selama berkecimpung di dunia kesehatan haji dapat bermanfaat untuk semua” Demikian dr. Rizal selaku Kepala Unit Kesehatan Haji FKIK UIN Malang menjelaskan.

Informasi terakhir, Pemerintah Arab Saudi membatasi sementara kunjungan wisatawan umroh dari 20 negara termasuk Indonesia. Namun pemerintah Indonesia sendiri tetap menyusun perencanaan keberangkatan haji tahun ini yang diperkirakan dimulai bulan Juni.

(Kontributor: dr. Rizal)