Launching Buku the Journey to Normal FKIK UIN Malang

Launching Buku the Journey to Normal FKIK UIN Malang

Sebuah prestasi bagi FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di tengah pandemi COVID-19, pada Sabtu pagi (28/11/2020) yang lalu telah berhasil meluncurkan sebuah buku yang dinanti-nanti berjudul “The Journey to Normal: Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Masa Pandemi Covid-19”. Salah satu yang membuat acara peluncuran buku ini terasa istimewa adalah testimoni yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) serta kehadiran secara live dr. Mariya Mubarika, Staf Khusus Kementerian Kesehatan RI Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Kesehatan untuk melakukan bedah buku yang sedang di-launching pada acara tersebut.

Acara Launching dan Bedah Buku the Journey to Normal diselenggarakan secara daring melalui siaran langsung Zoom dan Youtube Humas FKIK UIN Malang. Selain dihadiri oleh pimpinan FKIK UIN Malang, acara ini juga diikuti oleh hadirin dari berbagai elemen, mulai dari praktisi di bidang kesehatan dan industri farmasi, para perwakilan institusi pendidikan berbasis kesehatan di seluruh Indonesia, serta masyarakat umum. Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati PW, M.Kes.,Sp.Rad(K) dalam sambutannya menyampaikan sebuah harapan atas diluncurkannya buku ini, “Kami ingin menciptakan lingkungan belajar dan lingkungan inovasi yang aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19 ini. Karena kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, namun meskipun demikian pendidikan harus tetap berjalan”.

Dokumentasi acara Launching dan Bedah Buku "the Journey to Normal" FKIK UIN Malang

Puncak acara dari Launching dan Bedah Buku ini dipandu oleh dr. Christyaji Indradmojo, Sp.EM yang merupakan ketua Satgas COVID-19 di lingkungan UIN Malang dengan narasumber dr. Abdul Malik Setiawan, M.Infect.Dis selaku Editor buku dan dr. Mariya Mubarika sebagai pembedah isi buku. Dalam paparannya, dr. Mariya berhasil mengulik isi buku secara lengkap dan berbobot serta memberikan pandangan subyektifnya terkait kekurangan dan kelebihan isi Buku the Journey to Normal. “Jujur saya merasa senang, karena akhirnya lahir juga sebuah inisiatif dari institusi pendidikan seperti FKIK UIN Malang ini, sebuah karya buku yang sangat membantu meringankan kerja Kementerian Kesehatan RI karena isinya yang aplikatif dan relevan untuk diterapkan khususnya ketika pembelajaran tatap muka akan segera dimulai”, apresiasi dr. Mariya saat memulai membedah isi buku. Menurut beliau, salah satu yang menjadi keunggulan buku ini adalah adanya panduan penerapan electronic health record yang sejalan dengan yang dikembangkan oleh Kemenkes RI. Di samping itu, dr. Mariya juga menyampaikan aspek-aspek yang menjadi ruang pengembangan buku untuk ke depannya, antara lain adalah perlunya panduan manajemen resiko yang lebih lengkap untuk menyikapi kondisi ketika ada peserta didik yang teridentifikasi positif COVID-19.

Secara umum acara Launching dan Bedah Buku the Journey to Normal berjalan dengan sukses, dilihat dari antusiasme peserta yang tinggi, baik dari segi kehadiran maupun jumlah pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber. Ditemui secara terpisah, Ketua Panitia Launching dan Bedah Buku Apt. Alif Firman Firdausy, S.Farm., M.Biomed. mengucapkan puji syukur Kehadirat Allah SWT atas terselenggaranya acara ini dengan tanpa kendala yang berarti. “Ke depannya kami berharap buku ini dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat sebagai bahan pertimbangan penyusunan kebijakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Oleh karena itu, buku ini akan dapat diakses secara gratis melalui Website FKIK UIN Malang,” pungkasnya.

(Alif FF – Tim Humas FKIK)