Khitananan Bersama dalam Rangka Memeriahkan Dies Maulidiyah UIN Malang ke-59

Khitananan Bersama dalam Rangka Memeriahkan Dies Maulidiyah UIN Malang ke-59

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala pencapaian yang berhasil diperoleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sejak pertama berdiri pada 59 tahun silam, civitas akademika FKIK UIN Malang turut berkontribusi dalam acara khitanan massal yang merupakan salah satu rangkaian acara Peringatan Dies Maulidiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ke 59. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Hari Jum’at (16/10/2020) dan Sabtu (17/10/2020) dengan melibatkan tenaga dokter, perawat, dokter muda, dan Tim Bantuan Medis Rhazes Medical Team yang seluruhnya berasal dari para tenaga pendidik, kependidikan, maupun mahasiswa/i Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan Khitan Massal ini diikuti oleh 25 anak yang berasal dari berbagai daerah di Kota Malang, Kabupaten Malang maupun Kota Batu mulai dari Kecamatan Tumpang, Singosari, hingga Gondanglegi, meskipun demikian mayoritas peserta tetap berasal dari madrasah diniyah dan TPQ yang berada di wilayah sekitar kampus UIN Malang. Dengan antusiasme masyarakat yang tinggi itulah, mengharuskan acara ini dilakukan selama 2 hari, dengan jumlah 6 peserta khitan di hari pertama dan 19 peserta di hari berikutnya. Kegiatan hari kedua berlangsung lebih meriah namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 yang berlaku. Bertempat di Kampus FKIK UIN Malang, adik-adik peserta selain disuguhi dengan penampilan seni musik dan pemberian hadiah juga turut didampingi oleh kakak-kakak mahasiswa/i Fakultas Psikologi UIN Malang yang tergabung di dalam komunitas Bermain bersama Anak-Anak (BANANA) sehingga adik-adik peserta menjadi lebih rileks dan senang sebelum menjalani proses khitan.

Seremoni acara Khitanan Bersama dalam rangka perayaan Dies Maulidiyah UIN Malang dihadiri oleh Bapak Rektor beserta jajaran serta Dekan FKIK

Sedikit berbeda dengan kegiatan khitan massal pada tahun-tahun sebelumnya, acara Khitanan Massal pada tahun ini dilaksanakan di tengah-tengah kondisi pandemi COVID-19, sehingga pada tahap awal (H-7 kegiatan) dilakukan terlebih dahulu proses skrining kesehatan dan home visit yang dilakukan oleh panitia pada setiap peserta yang akan mengikuti khitan. Tidak hanya itu, pada H+1 pasca khitan juga dilakukan home visit kembali oleh Rhazes Medical Team di bawah supervisi dr. Christyaji Indradmojo, Sp.EM.

Prosesi Khitan oleh Para Dokter FKIK dibantu oleh Dokter Muda dan mahasiswa FKIK
Home visit oleh Rhazes Medical Team FKIK di bawah supervisi dr. Christyaji Indradmojo, Sp.EM.

Home visit pasca sirkumsisi penting dilakukan karena selain bertujuan untuk kontrol luka pasien juga sekaligus dapat mengasah keterampilan medis dan memupuk sikap peduli bagi para mahasiswa FKIK UIN Malang.” Terang dr. Chris, ”Selain itu, kita memanfaatkan home visit ini untuk mengedukasi kembali masyarakat yang kini mulai berada pada keadaan jenuh (burnout) sehingga tanpa sadar mulai lengah dalam hal penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.”

(Alif FF – Humas FKIK)