Pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kampus (OPAK) 2016

Semangat baru ditunjukkan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Sebanyak 3.300 mahasiswa baru mengikuti OPAK 2016. Setelah rangkaian Upacara HUT RI ke -71 mahasiswa baru TA 2016/2017 mengikuti pembukaan OPAK 2016. Pada tahun ini tema OPAK 2016 adalah“ Revitalisasi Cita-cita Proklamasi Berjiwa Ulul Albab”, dengan tema tersebut diharapkan mahasiswa baru menjadi insan yang berakhak ulul albab sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an.

Ketua panitia dan ketua Dewan Mahasiswa universitas dalam sambutanya menyatakan Kegiatan OPAK 2016 Ini bukan atas permintaan panitia, kemahasiswaan, ataupun rektor tetapi kegiatan ini merupakan kegiatan terstruktur yang ada dasar hukumnya. Mereka hanya ingin membimbing adik-adik mahasiswa baru untuk mengenal akademik, kemahasiswaan dan kebudayaan kampus, ia juga mengajak mahasiswa baru untuk membuang jauh rasa malas, dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati kepada UIN Maliki Malang, untuk menjadi universitas yang berdaya saing baik nasional maupun internasional. Selain itu mereka juga mengajak mahasiswa baru untuk bermetamorfosis dari siswa menjadi mahasiswa, mengubah pola pikir dll.

Dalam sambutanya Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo, M.Si selaku rektor UIN Maliki Malang, mengatakan bahwa kampus UIN ini bukan sembarang kampus, kampus ini didirikan oleh para pejuang yang memiliki cita-cita yang tinggi, ahli sain dan islam. Beliau juga menuturkan bahwa kegiatan OPAK ini merupakan kegiatan terstruktur yang memiliki dasar hukum, maka dari itu beliau berpesan kepada panitia OPAK 2016 untuk tidak melenceng , tidak ada bentuk kekerasa fisik, verbal, maupun bentak-bentak, selain itu juga tidak ada kegiatan beli-membeli buku yang diadakan panitia. OPAK Kegiatan ini merupakan kegiatan  pengenalan Akademik, kemahasiswaan dan kebudayaan yang ada di kampus, maka dari itu peserta OPAK harus mengikuti Panitia untuk mengenal lebih jauh tentang visi, Misi, dan tujuan akhir Universitas.

Selanjutnya, secara simbolik rektor UIN Maliki Malang juga memberikan penyematan kepada peserta OPAK 2016 serta pembukaan OPAK dengan Pelepasan balon, yang di ikuti oleh peserta OPAK 2016, setelah selesai pembukaan OPAK peserta memasuki Sport Center untuk mengikuti rangkaian kegiatan, yang diadakan panitia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *