ILMU KESEHATAN ANAK

DEPARTEMEN ILMU KESEHATAN ANAK

 

KEPALA DEPARTEMEN : dr. Lina Fitria Astari, Sp.A

Pediatri atau ilmu kesehatan anak ialah spesialisasi kedokteran yang berkaitan dengan bayi dan anak. Kata pediatri diambil dari dua kata Yunani kuno, Paidi yang berarti “anak” dan iatros yang berarti “dokter”. Sebagian besar dokter anak merupakan anggota dari badan nasional seperti Ikatan Dokter Anak Indonesia, American Academy of Pediatrics, Canadian Pediatric Society, dan lainnya. Abraham Jacobi adalah bapak dari pediatri.

Sesuai dengan perkembangan ilmu kesehatan anak yang ada saat ini, maka kajian pediatri umumnya memiliki 3 (tiga) cakupan kajian yang secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut:

Pediatri Klinik (Clinical Pediatrics)

Pediatri klinik merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pengobatan berbagai macam penyakit anak. Pediatri klinik mempelajari penyakit anak dilihat dari segi pathologi (tingkat keparahan penyakit), simpthomatologi (gejala-gejala sakit), epidemiologi (penyebaran penyakit) dan pengobatannya.

Pediatric pencegahan (preventive pediatric)

Tujuan dari adanya pediatric pencegahan adalah untuk mencegah penyakit-penyakit yang terjadi pada anak yang antara lain dengan cara melakukan imunisasi, sanitas dan kebersihan sehingga anak akan terbebas dari penyakit-penyakit yang umumnya menyerang pada anak seperti polio, tetanus, dipteri dan lain-lain.

Pediatric Sosial (Social Pediatric)

Pediatri sosial adalah merupakan sebagian dari ilmu kedokteran umum yang memperhatikan anak-anak sehat dari terjadinya konsepsi sampai masa remaja dengan memperhatikan pula keadaan sosial, ekonomi, hygiene keluarga dan masyarakat