Rencana Bangun Kerjasama Internasional, FKIK UIN Malang Selenggarakan Sharing Session bersama Unit Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Rencana Bangun Kerjasama Internasional, FKIK UIN Malang Selenggarakan Sharing Session bersama Unit Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menyelenggarakan sharing session dengan Unit Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dengan mengundang dr. Happy Kurnia Permatasari, Ph.D  secara virtual (1/10/2020). Acara yang bertema “Strategi Public Relationship dalam Membangun Kerjasama Internasional”, sejalan dengan harapan mewujudkan universitas bereputasi internasional dalam rangka Dies Maulidiyah ke 59 tahun Universitas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan tema “Revolusi UIN Maliki Menuju Smart Islamic University.

“Acara ini mengundang dr. Happy untuk sharing pengalaman beliau terutama pengalaman kerjasama internasional serta pihak humas UB agar FKIK juga bisa maju bersama UB”, tutur Prof. Dr. dr. Yuyun Yuniewati P.W., M.Kes., Sp.Rad(K).

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kelembangan, Dr. Uril Bahruddin, M.A, memberikan sambutan diawal acara. Menurutnya, kerjasama merupakan hal yang pasti dibutuhkan dalam hidup. “Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah untuk mengembangkan islam juga salah satu kunci kesuksesannya yaitu kerjasama yang baik dengan berbagai pihak”, pungkasnya. Beliau juga memberikan apresiasinya kepada FKIK yang telah menyelenggarakan acara ini.

Suasana sharing session dengan Unit Kerjasama Internasional FKUB

Kerjasama merupakan hal yang penting dilakukan bagi Perguruan Tinggi terutama kerjasama internasional, sesuai dengan target Indikator Kinerja Kunci (IKK) Ditjen Dikti untuk meningkatkan jumlah perguruan tinggi yang bekerjasama dengan luar negeri.

“Strategi Ristekdikti untuk internasionalisasi yaitu dengan cara meningkatkan publikasi internasional, mengoptimalisasikan kolaborasi internasional, meningkatkan mobilitas mahasiswa dan dosen untuk beasiswa dan pertukaran internasional, serta meningkatkan ranking universitas untuk masuk dalam kategori 500 World Class University (WCU)”, tutur dr. Happy. Ruang lingkup kerjasama juga berupa pendidikan, penelitian, pengabdian, dan dalam bidang lainnya seperti penyelenggaraan konferensi, seminar atau pelatihan yang dianggap menguntungkan dan bermanfaat. Selain membahas tentang bentuk kerjasama internasional, dr. Happy juga menjelaskan beberapa dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam acara ini turut mengundang ibu Oky Dian, selaku perwakilan dari Humas UB, untuk memberikan sharing terkait bagaimana relasi antara kehumasan universitas dengan fakultas di Universitas Brawijaya.

(Fath – Tim Jurnalis FKIK UIN Malang)