Bangkitkan Motivasi Mahasiswa, FKIK Gelar Kuliah Perdana Bersama

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar acara kuliah perdana mahasiswa semester ganjil 2020/2021 dengan mengundang pemateri-pemateri hebat (Senin, 14/9). Acara dilaksanakan melalui daring zoom dan diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIK baik dari prodi pendidikan dokter maupun farmasi. Acara dipandu oleh moderator, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Apt. Roihatul Muti’ah, S.F., M.Kes, dan selanjutnya dilakukan opening speech oleh Dekan FKIK Prof. Dr. dr. Yuyun Yuniewati, P.W., M.Kes., Sp.Rad(K).

Acara ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi mahasiswa FKIK di semester yang baru ini, khususnya mahasiswa baru angkatan 2020. Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES., membuka materi dengan tema Strategi Belajar dan Berkarya untuk Menjadi Mahasiswa Berprestasi di Masa Pandemi. Beliau yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Brawijaya berpesan, motivasi diri itu penting. Dengan adanya emosi positif dari diri kita, maka akan meningkatkan kekuatan otak, keberhasilan dan kehormatan diri. “Membuat kesepakatan dengan diri sendiri, terus mengingat keberhasilan, menyusun tujuan-tujuan besar, memaksimalkan energy untuk memulai, serta mental tidak takut gagal dan yakin seluruh kesulitan pasti ada solusinya merupakan hal-hal yang harus dilakukan untuk memotivasi diri”, ujarnya.

Pemateri terakhir mengusung tema Konsep Ulul Albab dalam Ilmu Kesehatan. Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., mengingatkan para mahasiswa untuk memegang teguh ciri ulul albab, zikir, pikir, dan amal shalih. Dalam Al-Quran pun sudah disebutkan mencapai 16 kali dengan kontes yang berbeda-beda. “Sebagai mahasiswa FKIK yang ulul albab, perlu mengintegrasikan sains dan islam dalam pendidikan serta melakukan tafakkur dan tadabbur ayat-ayat Allah baik itu ayat kauniyah maupun qauliyah”, pesan beliau. (rep/fath).