FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Sukses Gelar Yudisium Daring Via Zoom dan Pengucapan Janji Dokter Muda

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) telah sukses menyelenggarakan yudisium dan pengucapan janji dokter muda periode pertama tahun 2020 secara daring dan luring (Kamis, 6/8). Acara dilaksanakan di dua tempat yaitu ruang mini hall dan aula serbaguna gedung Ibnu Thufail lantai 1 FKIK, kampus 3 UIN Maliki Malang.

Dalam kesempatan tersebut melalui undangan terbatas, hadir secara luring rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris., M.Ag., guru besar FKIK Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto,Sp.B.,Sp.BP-RE(K)., pimpinan dekanat FKIK, panitia dan lulusan-lulusan terbaik tiap program studi. Acara disiarkan secara daring dengan partisipan dosen, mahasiswa, orang tua mahasiswa dan beberapa undangan lain melalui aplikasi Zoom.

Para peserta Yudisium Periode I Tahun 2002 FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tengah mengikuti prosesi berjalannya acara secara daring

“UIN Maliki Malang mempunyai cita-cita besar dan tinggi salah satunya berkontribusi dalam kemanusian melalaui Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Salah satu pengabdian yang terpenting ialah menyiapan tenaga medis dan tenaga kesehatan lainya”, ujar Prof. Haris.

Berdasarkan laporan Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Roihatul Muti’ah, SF., M.Kes., Apt., terdapat 103 mahasiswa yang dikukuhkan yakni terdiri dari 57 lulusan Program Studi Sarjana  Farmasi dan 46 lulusan Program Studi Pendidikan Dokter. Disamping itu juga terdapat 3 lulusan terbaik tiap program studi yaitu mahasiswa mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sangat baik. Lulusan tersebut ialah Zahra Umami IPK 3.76, Tifany Maulida Candra IPK 3.69, Dwi Puspita IPK 3.66 dari program studi sarjana Farmasi dan Hafshah Yasmina Abidah IPK 3.81, Rislan Faiz Muhammad IPK 3.73, Aldita Husna Violita IPK 3.72 dari Program Studi Pendidikan Dokter.

Dalam acara tersebut diucapkan pula janji dokter muda yang di wakili oleh 3 mahasiswa kedokteran dan diikuti oleh mahasiswa lain via zoom yang di pandu oleh Prof. Dr. dr. Yuyun Yuenawati P.W.,M.Kes.,Sp.Rad(K) selaku dekan FKIK. Janji dokter muda juga disaksikan secara daring oleh pihak rumah sakit pendidikan RS Tk. II dr. Soepraoen Malang dan RSU Karsa Husada Batu.

Pada momen ini, dikumandangkan pula Hymne dan Mars FKIK secara resmi yang pertama kalinya. Lagu yang diciptakan oleh salah satu dosen FKIK, Yossi Indra Kusuma, S.Ked.,M.Med.Ed., dinyanyikan dengan khidmat oleh Paduan Suara Al-Farabi FKIK. Diakhir acara Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., turut memberikan ucapan selamat kepada lulusan sarjana farmasi dan sarjana kedokteran dari UIN Maliki Malang.

(Tim Humas FKIK UIN Maliki Malang)