FKIK The Journey to Normal

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) mengadakan sosialisasi “The Journey to Normal ” di Aula Serbaguna Gedung Ibnu Thufail FKIK kamis pagi (30/7). Acara sosialisasi tersebut di hadiri oleh pimpinan dekanat, staf tenaga kependidikan, petugas kebersihan, security di lingkungan FKIK.

Berikut The Journey to Normal di lingkungan FKIK UIN Maliki Malang,

  1. Dosen dan pegawai di lingkungan FKIK harus selalu mengikuti protokol kesehatan dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Hal tersebut dimulai dengan mencuci tangan sebelum masuk gedung, menggunakan masker dan juga dilakukan pengecekan suhu tubuh yang akan dilakukan oleh pihak s
  2. Pentingnya memakai masker dan menjaga jarak untuk melindungi diri dan orang lain dari bahaya virus COVID-1 Virus seganas apapun bila manusianya tidak patuh / disiplin pasti akan tertular. Diperlukan juga untuk menjalani kehidupan dengan berkualitas dan disiplin menjaga diri maupun lingkungan sekitar.
  3. Menjaga fisik agar tetap sehat dengan cara rajin berolahraga dan makan-makanan yang sehat. Menjaga psikis dengan selalu bersabar dan bersyukur. Saling menjaga dan melindungi orang lain. Tidak lupa selalu berdoa kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari wabah ini.
  4. Penanganan COVID-19 ada 3 macam. (1) Ringan, perawatan mandiri (di rumah), (2) Berat, menjalani rawat inap di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dll, (3) Kritis, masuk di Intensive Care Unit (ICU) di rumah
  5. Obat dan vaksin virus COVID-19 ini belum ditemukan. Selain itu proses menemukannya juga cukup lama karena harus menjalani berbagi uji coba ke subyek Upaya yang paling penting dilakukan yaitu selalu mejaga diri sendiri dengan cara rajin cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak.
  6. Para Pegawai dan CS (Cleaning Service) harus rajin membuka jendela dan pintu agar sirkulasi udara menjadi baik.
  7. Rajin melakukan cuci tangan 7 langkah ketika masuk gedung, tetap memakai masker / penutup wajah (face shield), hindari berjabat tangan, jaga jarak minimal 1 meter atau 1,5 meter, dan gunakan siku untuk membuka pintu.
  8. Kebijakan baru karyawan saat perjalanan ke dan dari tempat kerja yaitu jika ada keluhan sakit (demam, batuk, flu) sebaiknya istirahat di rumah. Selalu gunakan masker, membawa starter pack adaptasi kebiasaan baru, serta menggunakan transportasi pribadi ketika pergi ke kantor.
  9. Para Bapak/Ibu Dosen dan Pegawai FKIK diharuskan berjemur selama kurang lebih 30 menit dimulai pukul 00 – 08.30 WIB

Sosialisasi “The Journey to Normal”  di lingkungan FKIK memberi informasi yang bermanfaat bagi seluruh civitas. “Harapan dengan adanya sosialisasi ini supaya tidak terjadi kasus positif baru di lingkungan kampus khususnya di FKIK”, ujar Dekan FKIK, Prof. Dr. dr. Yuyun Yueniwati P.W., M.Kes., Sp.Rad(K).

(Tim Jurnalis FKIK UIN Maliki Malang)